Kamis, 06 Desember 2018

Rapat Koordinasi Pengawasan Pemilu Partisipatif, Panwaslu Kota Bitung dan Panwascam Lembeh Utara



Humas Sek Lembeh Selatan Res Bitung.  Bertempat diHatel Nalendra Bitung Bawaslu Kota Bitung melaksanakan rapat koordinasi dengan Panwas Kecamatan dan Panwas Kelurahan sekecamatan lembeh utara, dengan tema "Melaksanakan Pemilu Yang Berintegritas berdasarkan Konstitusi", Rabu 05/12/2018 pukul 09.00 wita.


Rapat koordinasi tersebut dipimpin oleh Josep Sammy Rumambi, S.T MAP selaku Kordiv Pengawasan Humas dan Hubungan antar Lembaga Bawaslu Kota Bitung dan ihadiri oleh Camat Lembeh Utara Meyer Parapaga, SH, Komisioner Panwascam Lembeh Utara Reinhard Mangaronda dan Kapolsek Lembeh Selatan yang diwakili Kanit Intelkam Aiptu Swardi serta seluruh Panwas Kelurahan sekecamatan Lembeh Utara.

Dalam kegiatan tersebut Kadiv PHH Josep Sammy Rumambi S.T MAP mengingatkan bahwa tahapan kampanye merupakan tahapan yang menyita emosi publik, sehingga kemampuan pengwasan menjadi tanggung jawab semua divisi. Akan tetapi terkait temuan dan laporan pelanggaran kampanye merupakan wewenang divisi penindakan dan pengawasan, tugas utama Bawaslu adalah pencegahan, pengawasan dan penindakan, karena itu jangan sampai tidak ada laporan, temuan, pengawasan serta penanganan pelanggaran dalam masa kampanye, ujuar Sammy pada Rakor penanganan temuan dan laporan pelanggaran pemilu. Selain itu Sammy menghimbau seluruh jajaran Bawaslu, baik ditingkat kota maupun kecamatan untuk bersama berpartisipasi mengawasi dan memantau seluruh tahapan kampanye guna mencegah terjadinya pelanggaran.

Semua hal dan aktivitas boleh dilakukan saat masa kampanye, namun penting mengkomunikasikan kepada partai politik mana yang boleh dan mana yang tidak boleh, pesan-pesan pencegahan akan disampaikan kepada parati politik sehingga ada kehati-hatian agar tidak terjadi pelanggaran. Sammy juga berharap kepada Panwascam dan Panwas Kelurahan untuk saling berkoordinasi jangan sampai ada pelanggaran yang luput dari pengawasan dengan berpedoman sesuai petunjuk pelaksanaan dan teknis yang ada jangan sampai membias.




  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar