Jumat, 07 Juni 2019

Ka SPKT 2 dan Bhabinkamtibmas melakukan mediasi permasalahan warga


Humas Sek Lembeh Selatan Re Bitung.  Permasalahan warga masyarakat kelurahan Batulubang Kecamatan Lembeh Selatan diselesaikan dengan cara mediasi oleh Ka SPKT 2 Bripka Yongky Pinontoan dan Bhabinkamtibmas Aipda Ronal Yacobs, kamis (6/6/2019).

Mediasi yang dilakukan oleh Ka SPKT 2 dan Bhabinkamtibmas antara lelaki Noldy Medea (34) dan lelaki Ramli (27) warga kelurahan batulubang kecamatan lembeh selatan dalam rangka menyelesaikan permasalahan yang terjadi diantara keduanya bertempat diMapolsek Lembeh Selatan.

Permasalahan yang terjadi dimana lelaki Ramli (27) dalam keadaan yang sudah dipengaruhi miras beralkohol membuat keributan dikampung kemudian datang lelaki Noldy Medea (34) lalu menegurnya dengan mengatakan "kalau sudah mabo pulang jo kong tidor, jangan beking ribut  dikampung" lelaki Ramli (27) tidak terima teguran tersebut lalu menjawab "sudah jo mo pusing pa orang" dan saat itu terjadi pertengkaran mulut diantara keduanya hingga akhirnya saling pukul.

Untuk mengantisipasi berkembangnya permasalahan tersebut Ka SPKT 2 bersama Bhabikamtibmas memberikan pembinaan dan penyuluhan terhadap lelaki Ramli (27) agar tidak mengkonsumsi miras apalagi sampai mabuk-mabukan dan membuat keributan dikampung dan terhadap  lelaki Noldy Medea (34) jika ditemukan peristiwa yang berpotensi mengganggu kamtibmas segera melaporkan kepada pemerintah setempat atau ke Polsek LAembeh Selatan agar tidak terjadi salah paham.

Dari hasil mediasi dan musyawarah serta pembinaan akhirnya kedua belah pihak bersepakat berdamai dan saling memaafkan serta lelaki Ramli (27) berjanji tidak akan mengulangi perbuatannya tersebut baik mengkonsumsi miras beralkohol bahkan membuat keributan dikampung sehingga dapat mengganggu kamtibmas, secara administrasi kedua belah pihak membuat pernyataan secara tertulis.

Mediasi merupakan salah satu cara untuk mencari solusi yang terbaik dalam meyelesaikan permasalahan warga masyarakat sekaligus memberikan pembinaan dan penyuluhan agar setiap warga mampu mengendalikan diri untuk menjaga kerukunan antar warga sehingga terjalin hubungan kekeluargaan dengan saling menghormati untuk menciptakan Situasi Kamtibmas yang kondusif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar